Login Peserta KRI 2016

Forgot your password? Reset

Signup for free

Use Facebook or an email

or
By signing up you agree to the Terms & Conditions and Privacy & Policy

Reset password

Enter email to reset password

Already have account? Login
Don't have account? Signup
×

CHAIYO 24 DETIK, PENSAE JUARAI KRAI

(Surabaya, 4 Juni 2016)

Tim PENSAE dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya akhirnya berhasil menjadi juara pertama divisi Kontes Robot ABU Robocon Indonesia setelah mengalahkan tim Robot IR-LAND dari Politeknik Negeri Jember dengan kemenangan Chai-Yo dalam waktu 24 detik.

Kemenangan ini sekaligus mengantarkan PENSAE untuk menjadi wakil Indonesia dalam Kontes Robot ABU Robocon, yang akan diadakan di Thailand Agustus mendatang. “Saya bersyukur atas prestasi ini. Semua berkat kerja keras tim robot PENS, para pembimbing serta dukungan dari civitas akademika PENS,” kata Dr. Zainal Arief, ST. MT. 

Meski berhasil mengembalikan prestasi KRAI, namun PENS harus rela melepas gelar juara bertahan KRSBI yang telah digenggam selama 5 kali berturut-turut. EROS harus puas berada di posisi kedua setelah ditundukkan BARELANGFC dari Politeknik Negeri Batam dengan skor 3:0.

“Robot EROS berusia 5 tahun, dan sudah tua untuk ukuran robot. Sehingga performanya menurun dan sudah tidak seprima dulu. Ini merupakan kesempatan bagi tim yang lain untuk mengalahkan EROS,”kata Dr. Ir. Endra Pitowarno, M.Eng, ketua Juri KRSBI. 

Di divisi Kontes Robot Pemadam Api Beroda, Tim EFFIRO dari PENS berhasil menempati posisi pertama dengan score 33,384, disusul oleh Tim Al-Jazari dari ITS dan Tim Sakera dari Universitas Trunojoyo. Sementara di divisi Kontes Robot Pemadam Api Berkaki ditempati oleh Tim DOME dari Universitas Muhammadiyah Malang di posisi pertama. Diikuti oleh Tim Al-Fatih dari UGM dan EILERO dari PENS.

Mantan Mendikbud RI, Prof. Mohammad Nuh pun turut hadir menyaksikan pertandingan ini . Bahkan beliau sempat mendekati area lomba dan meminta dilaksanakan penampilan ekshibisi untuk Kontes Robot Seni, meski semua tim telah berlomba. 

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui lebih lanjut keputusan dewan juri mengenai pemberian gelar juara 1, juara 2, juara 3, Juara Harapan, Desain Terbaik, dan Strategi Terbaik, serta penentuan juara umum yang akan ditentukan melalui mekanisme rapat dewan juri.

Sore ini, acara akan ditutup dengan pengumuman pemenang dan penyampaian penghargaan oleh Direktur Belmawa Kemenristekdikti.  (Humas).